Mengubah MP3 menjadi Karaoke dengan Audacity

Bagi pembaca yang ini membuat mP3 (Lagu) Stereo menjadi Lagu Mp3 Karaoke / Minus One. Berikut saya mencoba untuk membuat Toturial untuk mengubah lagu mp3 menjadi lagu karaoke atau minus one. Berawal dari anak temen saya yang ingin lomba menyanyi di sekolah dan membutuhkan music / lagu yang minus one / karaoke. Tetapi temen saya tidak punya lagu bali dengan lagu tertentu dengan mode karaoke.

Jadi dengan cara ini anda bisa menghemat waktu dari pada mendownload lagu mp3 karaoke di internet dan tentunya belum pasti ada. Disini tidak mengajari membajak lagu hak orang lain. tetapi hanya mengajak temen-temen lebih kreatif di dunia IT.

Saya coba membuat toturial mengubah lagu mp3 menjadi karaoke dengan menggunakan software Audacity. Aplikasi tersebut merupakan sebuah program dekstop yang di buat khusus untuk Audio Editing alias Aplikasi untuk mengedit Suara. Anda juga gak perlu khawatir, karena software ini bisa anda download secara Gratis.

Yang pertama kali harus di persiapkan adalah Download aplikasi Audacity di sini

Setelah anda mendownload Audacity, anda juga perlu mencari dan mendownload Plugin “Plug In LAME” untuk audacity agar anda bisa mengekspor file audio ke Mp3.

Download LAME Plugin untuk Audacity. Di sini

Menyiapkan Lagu / Mp3 yang Stereo

Instal Audacity terlebih dahulu, lalu instal plug-in nya setelah itu. Sekarang baru kita mulai tutorialnya. Ada 2 cara untuk mengubah lagu menjadi minus one di Audacity :

A. Menggunakan Effect Invert

Berikut saya berikan torurial membuat mp3 menjadi Minus One / Karaoke menggunakan audacity dengan Effect Invert. Antara lain :

1. Import lagu / mp3 yang anda ingin jadikan minus one / karaoke
2. Pilih pada Menu Dropdown audio anda, lalu pilih Split Stereo Track

[lightbox link=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2015/12/mengubah-mp3-menjadi-karaoke.jpg” thumb=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2015/12/mengubah-mp3-menjadi-karaoke.jpg” width=”552″ align=”center” title=”mengubah mp3 menjadi karaoke” frame=”true” icon=”image” caption=””]

3. Highligh salah satu File audio anda yang sudah terpisah (atas atau bawah), lalu pilih Effect –> Invert

[lightbox link=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2015/12/mengubah-lagu-menjadi-karaoke-mode-invert.jpg” thumb=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2015/12/mengubah-lagu-menjadi-karaoke-mode-invert.jpg” width=”699″ align=”center” title=”mengubah lagu menjadi karaoke mode invert” frame=”true” icon=”image” caption=””]

4. Ubahlah kedua file audio yang sudah terpisah tersebut menjadi MONO, melalui menu dropdown-nya.

[lightbox link=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2015/12/mengubah-mp3-menjadi-karaoke-effect-invert.jpg” thumb=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2015/12/mengubah-mp3-menjadi-karaoke-effect-invert.jpg” width=”173″ align=”center” title=”mengubah mp3 menjadi karaoke effect invert” frame=”true” icon=”image” caption=””]

5. Ekspor Filenya menjadi File Mp3 dengan cara klik File –> Export –> Pilih Save As Type ke Mp3 Files

B. Menggunakan Effect Voice Remover

Berikut saya berikan torurial membuat mp3 menjadi Minus One / Karaoke menggunakan audacity dengan Effect Voice Remover. Antara lain :

1. Pertama-tama anda harus meng-import sebuah lagu yang ingin anda jadikan minus one dengan melalui File –> Import –> Audio atau anda bisa langsung mendrag lagunya ke dalam Audacity

2. Klik pada area kotak kosong audio anda untuk meng-highlight file audio lagu anda, lalu pilih Effect –> Vocal Remover (for center-panned vocals).

[lightbox link=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2015/12/mengubah-lagu-menjadi-karaoke-mode-voice-remover.jpg” thumb=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2015/12/mengubah-lagu-menjadi-karaoke-mode-voice-remover.jpg” width=”800″ align=”center” title=”mengubah lagu menjadi karaoke mode voice remover” frame=”true” icon=”image” caption=””]

3. Setelah selesai, kita harus mengekspor lagu tersebut menjadi file mp3 dengan cara klik File –> Export… –> pilihSave As Type ke MP3 Files.

Info tambahan: Cara ini gak 100% bisa mengubah lagu menjadi benar-benar minus one, terkadang dengan cara ini hanya akan merubah volume suara penyanyinya menjadi lebih kecil. Terkadang juga akan membuat musik menjadi kurang enak didengar. Kalau cara ini gak berhasil untuk anda, terpaksa anda harus mencari lagu minus one di internet atau di toko musik.

 

1 Comment. Leave new

You must be logged in to post a comment.
Menu